Fungsi Akuntansi Keuangan dalam Perusahaan

Akuntansi merupakan salah satu hal yang penting dalam perusahan dalam pengambilan keputusan, terutama yang berkaitan dengan keuangan yang pada akhirnya akan sangat berpengaruh kepada perusahaan. Selain itu akuntansi juga akan membantu tugas perusahaan terutama dalam menjalankan fungsi pengawasan dan perencanaan. Untuk itu simak terus artikel dari kami, yang akan membahas mengenai Fungsi akuntansi keuangan.

Fungsi Akuntansi Keuangan dalam Perusahaan

Akuntansi memiliki banyak bidang, seperti akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, akuntansi biaya, dan lainnya. Tapi pada pembahasan kali ini, kami akan membahas secara khusus mengenai fungsi akuntansi keuangan. Hal ini karena akuntansi keuangan sangat krusial yang mana harus dilakukan secara terperinci agar tidak terjadi masalah yang bisa merugikan perusahaan.

Akuntansi keuangan berisikan informasi secara lengkap tentang keadaan keuangan sebuah perusahaan. Sehingga laporan keuangan harus disajikan dengan jelas dan benar. Sebelum membuat laporan keuangan, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui mengenai analisis rasio keuangan.

Laporan Keuangan Harus Sesuai PSAK

Pembuatan laporan keuangan harus sesuai dan memenuhi berbagai persyaratan yang sudah dimuat dalam pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK). Dalam PSAK menjelaskan mengenai petunjuk serta prosedur akuntansi yang terdiri dari peraturan yang sudah ditetapkan dalam teori penafsiran dan penalaran.

Sehingga laporan keuangan yang akan dibuat harus memiliki standar agar bisa diterima. Akuntansi keaungan harus menerapkan prinsip akuntansi, yang mana ini bisa terhindar dari masalah hukum atau masalah lainnya.

Fungsi akuntansi keuangan dalam perusahaan ini bisa membantu dalam memberikan informasi keaungan yang ada dalam perusahaan. Laporan yang dihasilkan ini bermaksud untuk mengetahui keadaan yang dimiliki oleh perusahaan. Akuntansi pada umumnya memiliki fungsi, antara lain:

1. Untuk mengetahui keuntungan maupun kerugian perusahaan.
2. Untuk memberikan informasi kepada manajemen yang akan mempengaruhi perusahaan.
3. Membantu dalam menetapkan segala hak yang didapat dari masing-masing pihak yang memiliki kepentingan dalam perusahaan.
4. Sebagai pengawas serta mengendalikan segala bentuk aktivitas didalam perusahaan.
5. Untuk membantu perusahaan dalam pencapaian target yang sudah ditentukan sebelumnya.

Untuk bisa menjadi seorang akuntan yang hebat, tentunya harus memiliki semangat yang tinggi dan belajar terus menerus. Salah satu usaha untuk bisa menjadi seorang akuntan yang hebat adalah dengan mengikuti training akuntansi keuangan yang banyak diadakan di kota-kota besar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis Kurma Termahal dan Terenak

Tips Memilih Kontraktor Secara Tepat